Suara hati rakyat kecil

Pengetahuan Umum

Tips Memilih Komputer Rakitan Murah dan Berkualitas

Tips Memilih Komputer Rakitan Murah dan Berkualitas.jpgPunya dana lebih dan lagi cari-cari merk dan spesifikasi komputer yang ingin dibeli?

Pasti kalau yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan kesulitan sekali. Bukan berarti kalau nggak ngerti lalu nggak beli. Itu salah juga. Nanti gaptek lho..?

Kalau dana yang disediakan untuk beli komputer cukup besar, Anda tinggal pilih beli PC (komputer desktop) atau Laptop. Tapi kalu punya dana dari gaji yang pas-pas-an, taruhlah saat ini kita cuma punya budget 3 jutaan. Ya nggak akan mungkin ke beli Laptop. Kecuali Laptop seken.

Misalnya saja, pilihan jatuh pada  PC, kita masih harus memilih lagi. PC rakitan atau Branded (HP, Dell, Acer, LENOVO). Karena uang cuma tersedia 3 jutaan, pastilah pilihan jatuh pada PC rakitan.

 

Nah, ketika memilih spesifikasi PC rakitan, jangan sampai terkecoh pada harga murah.

Ingat!! Kualitas berhubungan dengan HARGA!!..

Misalnya saja, ada brosur di toko komputer yang menghargai PC rakitannya sebesar 2,8 Juta dengan Spesifikasi

Intel PENTIUM 4 Harga Rp. 2.800.000,-

Prosesor: Intel Celeron

Motherboard: Merk “TERMATON”

RAM:  Merk “ZingZung” 512 Mb

Monitor: Merk “Plagiatron” 15″ CRT

Cukup segitu dulu yang saya contohkan.. Lanjut lagi,

Lihat jenis procesornya, Judul Penawaran tidak sesuai dengan Prosesor. Pertanyaannya, lho kok Intel Celeron?

Ingat lho Celeron dengan Pentium 4 itu jenis yang berbeda. Walaupun sama-sama produk dari Intel Corporate. Ya kalau memang dengan harga segitu kita dapatnya Intel Celeron, Ya jujurlah wahai toko komputer..

Ingat lagi..saat tulisan ini dibuat, Jenis Prosesor yang ada dipasaran adalah Intel Atom, Centrino, dual core, Core 2 Duo, Quad Core.

Selanjutnya tentang merk Motherboard, RAM dan monitor. Apa kita akan percaya dengan kualitas merek yang terasa aneh terdengar.

“TERMATON”, “ZingZung”, “Plagiatron”?!!?##@

Hah..merek apa tuh..?

Apa ikhlas mengeluarkan uang sebesar itu untuk merek yang rasanya aneh di telinga.

Toko sebenarnya tak bermaksud menipu. Hanya membantu kalangan awam untuk mempermudah memilih-milih komputer dengan cara mempersingkat judulnya. Soalnya kalau orang di tawari prosesor “CELERON”, orang awam biasanya balik bertanya, “Celeron itu asli nggak Mas..?” Orang hanya tahu Pentium 1, 2, 3 dan 4.

Untuk pertimbangan merek, Kan kita bisa cari referensi dengancara membeli tabloid komputer dulu, kira kira merek apa yang disarankan. Bisa dilihat di kolom iklan produk lho.

Untuk merek-merek kelas menengah sampai tingkat mahal, biasanya saya menggunakan merek umum seperti Asus atau Gigabyte.

Selain itu juga saya memilih pertimbangan Purna Servis/garansi. Walaupun berbeda 50 ribu atau 100 ribu, kalau nanti selama masa garansi PC saya mengalami kerusakan, garansinya mudah. Buat apa bela-bela’in harga murah, tapi susah dibelakang.

Informasi ini langsung update dari Mangga Dua Mall. Ternyata masih ada tuh brosur PC rakitan yang menggunakan merek-merek “Nggak Jelas”..

Soft Copy by Wawan Purnama.

23 November 2010.

NASA Teliti Kehidupan di Luar Angkasa

VIVAnews

Satelit O/Oreos yang bertugas meneliti kehidupan mikroorganisme di luar angkasa

VIVAnews – Sebuah nanosatelit berukuran tak lebih besar dari sebungkus roti tawar dan memiliki nama serupa dengan kue kering favorit anak-anak diluncurkan ke luar angkasa. Oleh NASA, satelit mini tersebut ditugasi untuk mempelajari bagaimana sumber kehidupan berlangsung di jagat raya.

O/Oreos, nama satelit yang diluncurkan, merupakan singkatan dari Organism/Organic Exposure to Orbital Stresses. Satelit berbobot sebesar 5,4 kilogram merupakan nanosatelit pertama yang memiliki dua tugas eksperimen.

Eksperimen “Space Environment Survivability of Live Organisms” akan mempelajari pertumbuhan, kesehatan, dan adaptabilitas mikroorganisme yang hidup di lingkungan asing dan daratan kering. Setelah O/Oreos mencapai orbit, eksperimen akan memberi umpan dan menumbuh kembangkan sekelompok mikroba, dan mengukur respon mereka terhadap radiasi serta kondisi tanpa gravitasi.

Pada eksperimen, peneliti akan memantau apakah mikroba tersebut tetap makan dengan cara yang benar. Adapun nutrisi yang disediakan telah diberi warna, sehingga, jika mereka sehat, mereka akan berubah warnanya.

Eksperimen kedua, bertajuk “Space Environment Viability of Organics” akan memantau apa yang terjadi terhadap empat kelas molekul organik setelah mereka terekspos terhadap kondisi luar angkasa. Eksperimen ini didesain untuk dapat bertahan selama 6 bulan, dan O/Oreos akan dapat mengirimkan data penelitiannya selama sekitar satu tahun.

Dengan peluncuran di atas, NASA berharap satelit itu akan membuktikan bahwa melakukan eksperimen astrobiologi di luar angkasa dapat dilakukan tanpa perlu menggelar misi penelitian di stasiun luar angkasa.

“Kami berusaha untuk menunjukkan bahwa nanosatelit seperti O/Oreos dapat memenuhi kebutuhan para peneliti yang memiliki ide besar dan target penting,” ucap Bruce Yost, O/Oreos Mission Manager Ames Research Center, NASA, seperti dikutip dari PopSci, 22 November 2010.

Untuk mengorbit, O/Oreos menumpang roket Air Force Minotaur IV dari Kodiak, Alaska. Ia mulai mengirimkan sinyal radio setelah mencapai orbit sekitar 640 kilometer dari permukaan Bumi. Setelah misinya selesai, O/Oreos juga akan menjadi satelit pertama yang menggunakan mekanisme tanpa propellant untuk kembali ke Bumi.

 

23 November 2010.

Giliran Mantan Bos Nokia Hengkang ke Palm

Kompas

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Bajak-membajak karyawan di antara perusahaan-perusahaan teknologi kelas dunia tidak ada habis-habisnya. Kali ini mantan kepala pengembangan MeeGo di Nokia, Ari Jaaksi, dipastikan hengkang ke HP untuk menangani pengembangan Palm.

Kemungkinan bahwa Ari Jaaksi kini menangani Palm dapat dilihat dari statusnya di profil LinedIn. Disebutkan bahwa kini ia menjabat Senior Vice President Hewlett-Packard (HP) di San Francisco Bay Area. Namun, link alamat situs webnya diarahkan ke Palm.com.

Belum lama ini Palm telah diakuisisi oleh HP. Platform WebOS buatan Palm akan dikembangkan untuk smartphone, tablet, netbook, dan perangkat mobility lainnya. Jika benar Ari Jaaksi menangani Palm, ini bisa dikatakan merupakan pembalasan.

Sebab, sebelumnya Nokia lebih dulu membajak Peter Skillman, mantan desainer Palm, yang kini menangani pengembangan antarmuka MeeGo, proyek kerja sama Nokia dan Intel. Nah, dengan dua orang yang bertukar tempat tersebut, mana yang lebih sukses, MeeGo atau Palm?

 

BETERNAK AYAM UNTUK PEMULA

eternak adalah salah satu bentuk usaha memelihara hewan atau ternak peliharaan yang bisa menopang perekonomian hidup kita sehari-hari. Usaha ternak bisa diusahakan dalam skala kecil-kecilan ataupun besar-besaran tergantung modal yang tersedia. Namun kadang kita bingung untuk memulai usaha ini karena sering dihantui berbagai macam rintangan, kendala dan ketakutan lainnya. Rintangan dan kendala yang biasanya muncul sebelum kita memulai usaha beternak ayam kampung antara lain bagaimana agar ayam kampung bisa tetap hidup? Bagaimana jika ayam kampung sakit? Dari mana mendapatkan modal? Terus bagaimana kalau rugi? Bagaimana kalau ini, kalau itu dan kalau-kalau yang lainnya.

Beternak ayam kampung sudah lama dilakukan oleh masyarakat kita, sehingga cara dan teknik beternak sebenarnya tidak perlu kami angkat ke permukaan. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya zaman dan permintaan akan produk ini (daging dan telur) yang tidak sebanding dengan tingkat produksi maka kiranya perlu masalah ini kami angkat kembali terutama untuk yang ingin memulai usaha beternak ayam kampung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut tidak ada pilihan lain kecuali dengan mengubah cara beternak kita. Masyarakat kita selama ini menggunakan model pemeliharaan beternak ayam kampong secara ekstensif (diumbar) dan memang sudah semestinya kita mulai berganti minimal dengan model pemeliharaan semiintensif atau lebih-lebih bisa meningkat menjadi intensif.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa membantu anda untuk memulai usaha beternak ayam kampong:

 

Bangun keyakinan

Membangun keyakinan untuk memulai usaha ternak ayam kampung bukanlah hal yang gampang apalagi untuk orang yang tidak mempunyai latar belakang beternak sama sekali. Belakangan banyak kalangan yang memutar haluan untuk terjun di bisnis ini yang notabene bukan berlatar belakang seorang peternak. Mereka kebanyakan hanya bisa menangkap peluang tapi belum tahu cara beternak benar. Para usahawan yang bermodal tebal, orang yang mau pensiun  ramai-ramai merintis usaha ini. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kekuatan (modal, mental dan sebagainya) dan siap dengan resiko dan kendala yang akan di alami. Sehingga resep jitu untuk membangun kenyakinan adalah dengan memaksimalkan kekuatan dalam diri kita dan siap dengan resiko yang akan di alami.

Singkirkan rintangan!

Semua bentuk usaha manusia di dalamnya dibutuhkan pengorbanan (ikhtiar), setelah itu kita hanya bisa pasrah bertawakkal kepada yang Maha Memberi Rezeki. Tidak perlu pergi ke dukun, orang pintar, paratidaknormal, dan sebagainnya agar usaha kita membawa keberhasilan karena hal itu akan membuat kita menjadi musryik bagi orang Islam. Akhir dari bentuk usaha yang akan kita jalankan adalah sukses (untung) dan gagal (rugi) tergantung bagaimana manajemen kita dalam mengendalikan usaha. Begitu juga kalau kita akan memulai usaha ternak yang pastinya kita harus sedikit faham dan menjadi suatu keharusan untuk belajar akan seluk beluk dan liku-liku cara beternak. Yang perlu dicatat adalah kita harus membedakan usaha barang mati dengan barang hidup. Dengan berbekal sedikit pengetahuan dari membaca, mengikuti pelatihan atau training, berkunjung atau magang langsung ke peternakan kami rasa sudah cukup sebagai modal pertama untuk memulai usaha. Modal keuangan kami rasa ‘gampang’, tapi yang paling sulit adalah modal mental termasuk didalamnya adalah sikap siap menerima resiko usaha. Berbeda jika kita sudah menjalani satu siklus usaha, di sana kita akan banyak mendapatkan pengalaman dan kita bisa melakukan evaluasi usaha kita. Kalau rugi kenapa dan kalau untung apa tidak bisa ditingkatkan pada siklus kedua atau berikutnya. Singkirkan rintangan dan tanamkan dalam diri kita sikap percaya diri untuk memulai usaha kita dengan modal seadanya, jangan terlalu muluk-muluk dan angan-angan yang belum jelas akhirnya.
Tentukan pilihan usaha

Setelah permintaan daging dan telur ayam kampung tidak sebanding dengan tingkat produksinya, masyarakat kita mulai membedakan usaha antara beternak ayam kampung untuk tujuan pedaging dan tujuan telur. Penting kiranya sejak dari awal kita sudah menfokuskan diri memilih usaha apa yang akan kita rintis. Karena dengan mengetahui tujuan usaha yang jelas kita akan semakin mudah dalam mengatur usaha kita serta mengambil langkah yang jelas pula. Janganlah memulai suatu usaha dengan tujuan yang tidak jelas karena hanya akan membawa hasil akhir yang tidak jelas pula. Banyak bertanya tentang ke dua pilihan usaha tersebut kepada pelaku usaha atau orang yang punya pegalaman akan usaha tersebut. Singkirkan sikap sok pintar, sok pandai, sok pengalaman dalam diri kita kalau ingin berhasil.

Menentukan lokasi usaha

Menentukan lokasi usaha ibarat kita akan memilih rumah atau tempat tingga untuk keluarga kita. Biasanya ada dua masalah dalam penentuan lokasi usaha ini yaitu calon peternak yang sudah mempunyai persiapan lahan dan calon peternak yang belum mempunyai lahan. Factor penentuan lokasi usaha seringkali diabaikan oleh calon peternak sehingga seringkali juga kita mendengar ada usaha peternakan yang berhenti ditengah jalan lantaran mendapat protes dari masyarakat sekitar dan tentu ini sangat merugikan. Secara umum lokasi untuk beternak ayam kampung dapat diusahakan di mana saja, akan tetapi kalau kita bisa memilih lokasi yang nyaman bagi ternak dan nyaman pula untuk masyarakat tentu itu sesuatu yang arif dan bijaksana. Lokasi untuk beternak ayam kampung sebisa mungkin terpisah dari permukiman penduduk minimal 10 meter. Yang perlu kita pertimbangkan adalah limbah bau amoniak yang ditimbulkan jangan sampai mengganggu warga sekitar. Lokasi juga kalau bisa dekat dengan sumber air, sarana produksi ternak (sapronak), pasar , transportasi mudah, dan aman.

Waktu memulai usaha

Pertanyaan selanjutnya adalah kapan kita akan memulai usaha? Usaha beternak ayam kampung dapat dimulai kapan saja asal semua factor pendukung usaha siap dan tersedia minimal bibit, pakan dan kandang. Tersedianya bibit, pakan, dan kandang saja belum cukup kalau tidak dibarengi dengan informasi pasar yang jelas. Waktu yang sedikit tepat untuk memulai usaha beternak ayam kampung adalah 2-3 bulan sebelum hari raya Iedul Fitri (lebaran), imlek dan tahun baru masehi. Mengapa? Karena pada waktu itu permintaan daging ayam kampung rata-rata meningkat sehingga kita tidak khawatir produksi kita tidak laku terjual.

Manajemen usaha

  1. Bibit ayam kampung (DOC) dapat diperoleh dengan beberapa cara antara lain dengan menetaskan sendiri atau langsung membeli DOC dari produsen terpercaya. Kalau anda menetaskan sendiri itu lebih baik dan lebih menguntungkan pula. Akan tetapi untuk menetaskan telur sendiri perlu sedikit keahlian dan biaya untuk membeli mesin penetas telur. Untuk praktisnya membeli DOC langsung mungkin jalan terbaik, dan seiring dengan bertambahnya waktu bisa mencoba menetaskan sendiri.
  2. Pakan untuk ayam kampung sebenarnya cukup sederhana saja, akan tetapi kalau kita mempertimbangkan waktu dan keuntungan kiranya perlu membuat terobosan atau mencari sumber pakan berkualitas dengan harga murah. Jangan tertipu pakan jadi dengan harga murah, tapi kalau murah berkualitas tidaklah masalah.
  3. Kandang untuk beternak ayam kampung cukup dibuat sederhana saja, akan tetapi kalau sudah yakin usaha kita akan dapat berjalan terus dalam waktu lama maka membangun kandang permanen adalah suatu keharusan. Kandang permanen biasanya akan terawat lebih baik daripada kandang yang bersifat sementara. Yang menjadi patokan dalam membangun kandang adalah arah kandang, dan kepadatan kandang.  Kandang ayam kampong dapat dibuat berdasarkan fase pemeliharaan (bok, ren, atau postal).
  4. Pencegahan dan penanganan penyakit adalah hal yang tak kalah pentingnya dalam usaha peternakan ayam kampong. Lebih baik mencegah daripada mengobati adalah prinsip yang harus dipegang oleh peternak untuk masalah ini. Mengapa? Usaha pencegahan jauh lebih murah biayanya daripada biaya yang kita keluarkan untuk mengobati. Usaha pencegahan penyakit ini bisa dilakukan antara lain dengan menerapkan program sanitasi yang ketat, biosecurity, dan program vaksinasi. Sedangkan untuk usaha penanganan penyakit adalah dengan melakukan penanganan atau tindakan yang benar dalam mengobati penyakit.

Pemasaran

Anda tidak perlu bingung untuk memasarkan panenan ayam kampung baik berupa daging atau telurnya, insyaallah banyak jalan. Pasar tradisional, warung penyedia menu spesial ayam kampung, pengepul, pembeli ayam kampung keliling (obrok) tidak pernah berhenti untuk membeli produk ini. Kalau terdapat banyak peternak di suatu tempat atau wilayah maka sebaiknya membentuk suatu komunitas (asosiasi atau paguyuban) semisal koperasi peternak ayam kampung atau semisalnya. Insyaallah banyak manfaat kalau kita bergabung dengan koperasi atau paguyuban di antara salah satunya adalah untuk mengatasi masalah pemasaran produk. *(SPt)

Tidak ada kata terlambat untuk memulai usaha. Mari bersama-sama berusaha melestarikan unggas lokal kita. Mari menjadi tuan di negeri sendiri.

Sumber : http://www.sentralternak.com

 

Waspadai Celah Kelemahan di Internet Explorer

Kompas

Kompas – Sabtu, 25 Desember

KOMPAS.com – Microsoft memperingatkan adanya celah kelemahan di browser Internet Explorer 6,7, dan 8. Celah tersebut berpotensi dieksploitasi orang jahat untuk menyusupkan program jahat saat pengunjung mengakses situs berbahaya.

Patch untuk menutup kelemahan tersebut tengah dikembangkan. Meski statusnya kritis, belum ada rencana Microsoft untuk melakukan update darurat. Sejauh ini, celah tersebut belum dimanfaatkan pihak tak bertanggung jawab.

“Sampai saat ini, dampak kelemahan ini masih sangat minim dan kami belum melihat ada konsumen yang jadi korban atau serangan aktif yang ditujukan kepada penggunanya,” ujar Caelene Chmaj, juru bicara Microsoft Security Response Center (MSRC) dalam blog resmi Microsoft, Rabu (22/12/2010). ia mengatakan, meski demikian, pihaknya terus memantau kelemahan tersebut dan melakukan update secepatnya.

Kelemahan ini pertama kali dilaporkan beberapa minggu lalu oleh perusahaan keamanan Perancis Vupen yang ditemukan pada mesin HTML pada Internet Explorer.

Pengguna IE7 dan IE8 mungkin lebih kecil kemungkinannya menjadi korban karena browser ini dilengkapi fitur “Protected Mode” yang akan meminta izin keada pengguna jika akan melakukan isntalasi program, menjalankan aplikasi, atau memodifikasi komponen sistem operasi.

Microsoft menekankan pencegahan kepada pengguna profesional. seeumpatch keluar, disarankan menggunakan EMET (Enhanced Mitigation Experience Toolkit) 2.0 untuk meningkatkan upaya pertahanan di browser. Program tambahan ini gratis diunduh di situs Microsoft.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: